G
N
I
D
A
O
L

Usung Tema Budaya Nusantara, SMP dan SMAS Unggulan Ar-Rahman Sukabumi Gelar Wisuda Serta Pelepasan Para Siswa

SMP dan SMAS Unggulan Ar-Rahman menggelar acara wisuda serta pelepasan siswa-siswi tahun ajaran 2022/2023.

Wisuda serta pelepasan para siswa itu berlangsung secara khidmat, dengan mengusung tema Budaya Nusantara.

Acara tersebut dilaksanakan di lingkungan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Ar-rahman (LP3 Ar-Rahman), Sukabumi pada Kamis, 18 Mei 2023 kemarin.

Acara dimulai dengan prosesi penyambutan oleh Tim Pencak Silat, penyabet gelar juara di ajang lomba silat Indonesia Paku Bumi Open International Championship (IPBOIC) ke-11 tahun 2023.

Setelah itu, laporan dari ketua panitia wisuda serta sambutan dari para tokoh di antaranya Pembina Ar-Rahman, Direktur LP3 Ar-Rahman, juga Kepala SMP dan SMAS Unggulan Ar-Rahman.

Kemudian pembacaan doa, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan mengheningkan cipta.

Setelahnya penampilan kreasi seni tari kearifan lokal “Wonderland Indonesia” saat prosesi wisuda, yang sukses memukau seluruh peserta acara.

Pada puncak acara, para lulusan terbaik menerima penghargaan dari pihak sekolah.

Dihubungi setelah acara berlangsung, Ketua Panitia Wisuda, Hendra Suhendra menyampaikan bahwa kegiatan kali ini mengusung tema Budaya Nusantara dengan tujuan untuk memunculkan kembali kearifan lokal dan seni tradisional Indonesia.

Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan seni bela diri tradisional pencak silat agar dikenal secara lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, tema Budaya Nusantara dengan tagline “Dream Higher, Fight Harder and Reach Wider” berisi pesan agar para wisudawan/wisudawati bermimpi lebih tinggi, berjuang lebih keras, dan meraih kesuksesan yang lebih luas.

“Ditengah perjuangan mereka, diharapkan para lulusan ini dapat menjadi ulul albab, yaitu manusia yang siap menundukkan dunia dengan kemampuan akal dan spiritual,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan pada acara wisuda tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun ini, pihak panitia ingin mengembangkan minat dan bakat para siswa melalui berbagai penampilan kreasi dalam acara tersebut.

Selain itu, penampilan pendukung tema Budaya Nusantara juga menjadi daya tarik tersendiri.

Diantaranya Pencak Silat dan Seni Tradisional Sunda, seperti tarian Parahyangan, dipadukan dengan tari kreasi yang menggabungkan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Dayak, Aceh, dan Sunda.

Penampilan kreasi seni tari kearifan lokal “Wonderland Indonesia” juga turut mengiringi prosesi wisuda.

Dalam momen ini, Hendra Suhendra berharap agar para lulusan SMP dan SMAS Unggulan Ar-Rahman ini memiliki cita-cita yang luhur dan mampu mengaktualisasikan minat serta bakat yang dimiliki.

Selain fokus pada prestasi akademik, para lulusan diharapkan memiliki life skill atau keterampilan non-akademik.

“Harapannya, mereka akan menjadi agen perubahan yang memiliki semangat tinggi, mampu menjawab tantangan zaman, dan menjadi problem solver.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *